Nikmat Allah Yang Paling Mahal

Jika kita hendak menghitung nikmat Allah yang diberikan-Nya kepada kita, tentu kita tidak akan sanggup menghitungnya.Allah telah mewanti-wanti hal ini dalam Al-Qur’an Surat An-Nahl: 18, “Dan jika kalian menghitung nikmat Allah niscaya kalian tidak akan sanggup.”. Juga dalam Al-Qur’an Surat Ibrahim:34, “Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung ni’mat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (ni’mat Allah).”

Nikmat yang begitu banyak dari-nya ini sering kali kita lupakan. Bahkan nikmat yang setiap saat kita menggunakannya. Nikmat kita bisa bernafas adalah nikmat yang kita melakukannya setiap saat. Andaisaja udara ini dibekukan oleh Allah dan kita tidak bisa menghirupnya, matilah kita semua.

Ada nikmat yang hanya diberikan kepada manusia dan tidak diberikan kepada makhluk lain. Nikmat itu adalah nikmat lisan. Kita dapat berbicara ribuan kosa kata dan bahasa.Nikmat kita dapat berbicara ini sangat mahal harganya. Harga burung beo yang hanya mampu mengucapkan beberapa kosa kata saja bisa jutaan.

Selain dari contoh kecil nikmat diatas, sesungguhnya ada sebuah nikmat lagi yang nilainya lebih tinggi. Dan hanya dimiliki oleh segolongan tertentu. Ialah nikmat iman. Nilai jual iman itu emas sepenuh bumi coy!! Dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran : 91 Allah telah berfirman “Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan mati sedang mereka tetap dalam kekafirannya, maka tidaklah akan diterima dari seseorang diantara mereka emas sepenuh bumi, walaupun dia menebus diri dengan emas (yang sebanyak) itu. Bagi mereka itulah siksa yang pedih dan sekali-kali mereka tidak memperoleh penolong.”

Bahkan nilai iman ini adalah dua kali seluruh isi bumi. Dalam Al-Qur’an Surat Al Maidah : 36 Allah berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang kafir sekiranya mereka mempunyai apa yang dibumi ini seluruhnya dan mempunyai yang sebanyak itu (pula) untuk menebusi diri mereka dengan itu dari azab hari kiamat, niscaya (tebusan itu) tidak akan diterima dari mereka, dan mereka beroleh azab yang pedih.”. Juga dalam Az-Zumar:47, “Dan sekiranya orang-orang yang zalim mempunyai apa yang ada di bumi semuanya dan (ada pula) sebanyak itu besertanya, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan itu dari siksa yang buruk pada hari kiamat. Dan jelaslah bagi mereka azab dari Allah yang belum pernah mereka perkirakan.”.

Karena begitu mahal, mari kita jaga iman kita ini, jangan sampai ternodai oleh sifat-sifat dan perbuatan-perbuatan syirik.

3 thoughts on “Nikmat Allah Yang Paling Mahal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s