Berhasilkah…?

Beberapa waktu ini, pikiran saya selalu disusupi oleh bagaimana sesungguhnya keberhasilan itu? ada yang bilang bahwa si dia itu sudah berhasil menyekolahkan anaknya hingg sarjana. Ada lagi yang berkata kalo si anu telah berhasil masuk menjadi sta di salah satu perusahaan BUMN gajinya besar sekali lho… Ada lagi berita si itu sudah berhasil menjalankan bisnisnya.

Sebenarnya apakah makna dari pada kata berhasil ini? tidak ada definisi yang dapat mendefinisikan secara tepat kata berhasil ini. Sekarang saya mau sedikit beropini, bagaimana berhasil menurut saya sendiri. Mungkin opini yang saya sampaikan nanti akan berbeda dengan opini njenengan, tap tidak masalah, karena opini itu boleh.

Berhasil menurut saya adalah kemampuan menjalanu proses dengan baik. Bukan akhirnya, tetapi prosesnya. Karena yang mempunya hasil akhir adalah Allah Swt. Manusia, dan kita adalah manusia adalah menjalani proses menuju apa yang kita cita citakan. Jadi walau pun kita mendapatkan cita-cita itu atau tidak, ketika kita menjalani prosesnya dengan baik dan benar, maka itu dapat saya katakan berhasil.

Berbeda dengan kasus siswa sekolah ini, seorang yang saya mengenalnya. Dia membuat contekan saat ujian, saya memberikan masukan padanya, jangan menyonyontek, menyontek itu menunjukkan dia tidak berhasil dalam proses belajarnya, walau pun nanti pada waktu penerimaan nilai, nilainya terlihat bagus.

Semoga bermanfaat.πŸ™‚

5 thoughts on “Berhasilkah…?

  1. Bahagia itu saat kita bisa bersyukur menerima segala nikmat Allah, bersabar saat kita sedang mendapat ujian dari Allah, dan berjiwa besar mengahadapi berbagai macam masalah dikehidupan ini . . . .πŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s