KONTRADIKTIF

(A) : “Bang, katanya, shalawatan yang abang lakukan ntu bid’ah Bang”
(B) : “Bid’ah gimana ??? Masak orang demen ngucapan shalawat buat kanjeng Nabi dilarang ?? Justru dapet pahala, tau ?!”

(A) : “Bukan gitu bang, selain shalawat yang abang amalkan ntu katanya bukan shalawat dari Nabi, tapi katanya juga kalo cara abang yang ngumpulin penduduk tiap malem Jum’at buat shalawatan berjama’ah itu yang juga kagak ada contohnya dari kanjeng Nabi. Bid’ah pan itu namanya…”
(B) : “Tong, itu namanya bid’ah hasanah. Bid’ah yang baek, karena maksudnya baek. Mau shalawat apa aja, yang penting isinya baek. Lagian, kan gak ada larangannya”

“””””””””””””

Di lain kesempatan A dan B ketemu lagi ketika ngatre di depan toilet umum :

(A) : “Allaahumma baarik lana fii maa razaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban-naar”(lalu A masuk toilet)”.
[setelah A keluar]
(B) : “Tong, doa yang ente baca itu doa mau makan, bukan buat masuk WC”
(A) : Kemarin ane nemu ni doa di kertas bungkus kacang. Baca terjemahannya, kok bagus, mohon berkah dan dijauhkan dari neraka. Bagus kan ?? Kan kata abang tempo hari, yang penting baik dan gak ada larangan ngucapinnya. Jadi ane pikir, kalau setiap ane masuk WC ngucapin ini doa, ane pasti dikasih pahala. Dan kalaupun bid’ah, ya bid’ah hasanah lah”
(B) : “Bukan gitu tong. Tetep saja itu doa makan. Santri diniyyah aja tau kok. Dan memang gitu yang diajarin pak kiyai sama ane dan santri laennya. Kalau doa masuk toilet tu : Allaahumma a’uudzubika minal-khubutsi wal-khabaaits. Masing-masing doa itu ade tempatnya Tong, jangan bikin aturan sendiri seenaknya”
(A) : “Nah lho, gimana sih Bang ?? Abang sendiri yang kemaren bilang asalkan baek kagak apa-apa diamalkan, kalopun bid’ah ya itu bid’ah hasanah. Jadi ane pikir boleh-boleh saja ngasal doa, yang penting baek Bang.. Lagian kan kagak ada larangannya Bang”
(B) : Emm.. Engg..

[Taken and edited from Dony Arif Wibowo Wall post]

“”””””””””””””

Komentar admin :

Demikianlah yang namanya bid’ah (yang dianggap) hasanah : Penuh kontradiksi karena memang tak ada standart yang jelas, dan tak lebih dari sekedar opini menurut masing-masing orang. Baik menurut si A, belum tentu baik menurut si B, baik kata si B, belum tentu baik kata si C, demikian seterusnya. Setiap pelaku bid’ah hasanah pasti mengklaim bahwa amalannya adalah hasanah.

Lantas, apa fungsi Qur’an dan Sunnah kalo masing-masing orang bebas menganggap baik amalannya sendiri-sendiri ???

Kata Imam Syafi’I rahimahullaah :
“BARANGSIAPA YANG BER-ISTIHSAN (menganggap baik sebuah perbuatan yang tidak ada dasarnya dalam AL Qur’an dan Sunnah) maka sungguh dia telah (menandingi ALLAH dalam) membuat Syariat”

Renungkanlah apa yang dikatakan Ibnu Mas’ud radhiyallaahu anhu:
“Betapa banyak orang yang menginginkan kebaikan, namun tidak mendapatkannya”(HR. Ad Darimi , atsar Abdullah bin Mas’ud)

Sumber : http://paste.plurk.com/show/1743312/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s