Upgrade Samsung Galaxy Ace 2 (Dari Gingerbread ke Jellybean)

Beberapa hari saya dibuat galau oleh keadan dimana blackberry (BB) sudah terjual, berharap bisa BBM-an pake Samsung Galaxy Ace 2 yang sudah di tangan. namun harapan itu sirna ketika ternyata BBM for Android hanya untuk versi 4.X.X. Jadi pelepasan BB dari tangan adalah hal yang sia-sia.

Tanpa kenal lelah, informasi ditelusuri, pasang telik sandi sana-sini didapatkan 2 cara agar bisa BBM-an di Galaxy Ace 2.

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan BBM yang tidak resmi, yang didapat dari berbagai forum di internet bahkan ada teman yang memberikan file APK-nya untuk di eksekusi. Namun cara ini kurang efektif karena perlu menerobos pada sistem keamanan data system di android. Perumpamaannya adalah kita mau memakai salah satu kamar di rumah kita dengan membobol kuncinya. Kita bisa menggunakan kamar itu, tetapi tidak bisa mengamankannya, semua orang juga bisa masuk.

Cara kedua adalah meng-upgrade versi android bawaan samsung galaxy ace 2 ke level yang lebih tinggi. Cara ini saya rasa lebih efektif dan msuk akal karena tentu saja sistem operasi yang baru dengan wajah baru akan membuat mata lebih segar.

Dibawah ini adalah yang sudah saya praktikkan dari berbagai tulisan di forum-forum, dan berhasil.

  1. Saya download aplikasi IODIN dari sini.
  2. Saya download SAMSUNG USB DRIVER dari sini.
  3. Saya download Firmware JellyBean Indonesia dari sini. Yang ini membutuhkan kesabaran karena waktu tunggunya lebih besar dari teman-temannya.
  4. Saya Install SAMSUNG USB DRIVER-nya.
  5. Saya jalankan IODIN.Penampakannya seperti pada gambar dibawah ini.
    iodin01
  6. Saya sambungkan perangkat SAMSUNG GALAXY ACE 2 dengan laptop melalui USB.
  7. Saya klik tombol PDA pada IODIN, muncul jendela Open untuk memilih file Firmware JellyBean Indonesia yang sudah saya download tadi.
  8. Saya centang USB debug di perangkat android dengan cara pilih pengaturan -> aplikasi -> pengembangan (development) -> lalu centang usb debug. (posisi masih terhubung dengan iodin).
  9. Hape saya matikan.
  10. dalam kondisi Hape masih mati, saya pencet tombol Volume Bawah, Tombol Power, Tombol Home bersamaan hingga muncul suatu peringatan, trus pencet Volume Atas. Kalo sukses maka di jendela IODIN pada kotak paling kiri akan terdeteksi hapenya di port mana, dan kotaknya berubah warna. (Gak bisa nampilin gambarnya, soalnya pas nyoba kemarin ga di simpen gambarnya yang ada di layar).
  11. klik tombol START. Tunggu sampe kotak yang berubah warna tadi berubah lagi warnya jadi biru dengan tulisan “RESET!“. Masih nunggu lagi sampe kotak yang biru tadi berubah lagi menjadi hijau dengan tulisan “PASS“.
  12. Selesai.

Setelah menyelesaikan langkah-demi langkah, Sistem operasi Samsung galaxy ace 2 saya tidak lagi Gingerbrad tetapi telah ter-upgrade menjadi Jellybean. kini, hingga saat ini tidak lagi ada kegalauan masalah hape.🙂

Tinggalkan Balasan

