Berhasilkah…?

Beberapa waktu ini, pikiran saya selalu disusupi oleh bagaimana sesungguhnya keberhasilan itu? ada yang bilang bahwa si dia itu sudah berhasil menyekolahkan anaknya hingg sarjana. Ada lagi yang berkata kalo si anu telah berhasil masuk menjadi sta di salah satu perusahaan BUMN gajinya besar sekali lho… Ada lagi berita si itu sudah berhasil menjalankan bisnisnya.

Sebenarnya apakah makna dari pada kata berhasil ini? tidak ada definisi yang dapat mendefinisikan secara tepat kata berhasil ini. Sekarang saya mau sedikit beropini, bagaimana berhasil menurut saya sendiri. Mungkin opini yang saya sampaikan nanti akan berbeda dengan opini njenengan, tap tidak masalah, karena opini itu boleh.

Berhasil menurut saya adalah kemampuan menjalanu proses dengan baik. Bukan akhirnya, tetapi prosesnya. Karena yang mempunya hasil akhir adalah Allah Swt. Manusia, dan kita adalah manusia adalah menjalani proses menuju apa yang kita cita citakan. Jadi walau pun kita mendapatkan cita-cita itu atau tidak, ketika kita menjalani prosesnya dengan baik dan benar, maka itu dapat saya katakan berhasil.

Berbeda dengan kasus siswa sekolah ini, seorang yang saya mengenalnya. Dia membuat contekan saat ujian, saya memberikan masukan padanya, jangan menyonyontek, menyontek itu menunjukkan dia tidak berhasil dalam proses belajarnya, walau pun nanti pada waktu penerimaan nilai, nilainya terlihat bagus.

Semoga bermanfaat. πŸ™‚

Diterbitkan oleh FajarNugroho

Seorang yang sekarang bergelut dengan komputer dan bahasa bahasa asing yang tidak biasa digunakan oleh manusia pada umumnya.

5 tanggapan untuk “Berhasilkah…?

  1. Bahagia itu saat kita bisa bersyukur menerima segala nikmat Allah, bersabar saat kita sedang mendapat ujian dari Allah, dan berjiwa besar mengahadapi berbagai macam masalah dikehidupan ini . . . . πŸ™‚

    Suka

Tinggalkan komentar