Penghukuman Masa Sekolah

Tiba-tiba terkenang masa itu, masa-masa indah di sekolah. memang sangat indah masa sekolah, banyak suka, banyak tawa, sedikit kesedihan, kecuali jika bermasalah dengan sekolah saja. Masa dimana seorang berkesempatan mengenal banyak orang sebaya. Masa dimana seorang diberikan kesempatan untuk menyerap ilmu sebanyak mungkin dari sang guru.

Namun dibalik kenanga-kenangan manis yang ku ingat, ada beberapa hal yang saya anggap keanehan di sekolah. Beberapa aturan yang mungkin tidak menjadi masalah jika dilakukan kini, tetapi merupakan masalah besar juka dilakukan masa itu.

1. Membawa kelereng, gambar, dan atau mainan (Aturan yang berubah-ubah)
Mulai jaman sekolah SD. Waktu sekolah dulu, ada larangan membawa kelereng, karena memang hal ini cukup menggnggu proses belajar-mengajar. Anak-anak jadi ga konsentrasi dalam belajar, dan yang dipikirkan hanyalah menang dalam permainan ketika waktu istirahat nenti tiba.

Yang aneh disini adalah, larangan tersebut berlaku sepotong-sepotong. Kalau memang lagi musim kelereng, gak bakal kena sanksi jika murid membawa karet atau gambar. atau jika lagi musim gambar, ga bakal diusik jika murid membawa kelereng, tapi ga ada teman main sih jadi ga asik. Semua itu indah pada masanya.

2. Lebar bagian bawah celana (Aturan yang berubah-ubah)
Masih tentang aturan yang berubah, tetapi hal ini bukan terjadi pada masa saya smp saja. Perubahan tersebut adalah dulu dan sekarang. Jaman saya SMP aturan ukuran lebar bagian bawah celana adalah maksimal 22 cm. Sekarang, atau ketika adik saya duduk di bangku SMP (adik saya ini selisih 9 tahun dengan saya) aturannya adalah ukuran bagian bawah celana adalah minimal 18 cm.

Ada perubahan patokan ukuran, yaitu dari maksimal 22 cm menjadi minimal 18 cm. Menurut saya, sebabnya adalah karena trend. Memang jaman itu trend yang terjadi adalah celana mbosor (ombo ngisor / bagian bawah lebih lebar dari atas) dan sekarang pensil (bagian bawah sangat sempit). Kenapa sekolah harus menentang trend yang berjalan ini?

Saya kira cukup dua ini yang terlintas tiba-tiba di alam pikiranku, semoga bermanfaat🙂

9 thoughts on “Penghukuman Masa Sekolah

  1. Ada cerita tambahan disini…. masih waktu SMP

    3. Murid dihukum karena guru emosi
    Ketika itu pelajaran bahasa arab, sudah biasa sebelum mulai pelajaran, pak guru menyuruh murid maju untuk menulis judul mata pelajaran dan tanggal hari itu pake bahasa arab. Trus karena kelas saya munkin terlalau kreatif, sebelum pak guru masuk tulisan itu sudah ada. pak guru tersebut marah marah. Tambahan lagi ada gambar rambu2 gambar kecebong dicoret yang artinya Pak guru tersebut dilarang masuk. jadilah emosinya tambah meledak. akhirnya, saya dan tiga orang lainnya sebagai pelakau tindak kriminal versi sekolah ini dihukum sama BP. Aduhhh pak kok emosi kayak begitu…😦

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s