Mari Berqurban

Beberapa hari lagi kita melewati tanggal 10 Dzulhijjah yang pada hari itu, kita sebagai ummat islam dituntunkan untuk melakukan suatu ibadah nusuk, yakni qurban. Tuntunan ini dimulai ketika Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Alllah untuk menyembelih anaknya, Ismail melalui mimpi. Kemudian setelah nampak keiamanan diantara keduanya, Allah memerintahkan untuk menggantinya dengan domba yang besar.

Sekarang ini, kita dituntunkan untuk ber-qurban dengan unta (untuk 10 orang), sapi ( untuk 7 orang), atau kambung (untuk seorang saja). Qurban ini hanya boleh dilakukan pada tanggal 10 dzulhijjah ditambah 3 hari tasrik (11,12,dan 13 dzulhijjah).

Bagi kita, apa bila berkemampuan untuk melaksanakan, maka hukumnya wajib untuk melaksanakan Qurban ini. namun apabila belum mampu, hendaknya mengusahakan untuk menjadi mampu untuk tahun depan. Untuk yang setiap tahun bisa melaksanakan secara istiqomah, hendaknya menjaga niat tetap lurus agar Qurban ini bukan senantiasa sebagai rutinitas saja.

Jadi buat teman teman, masih ada waktu sepekan lebih sedikit. kita berusaha agar dapat melaksanakan Qurban ini.

8 thoughts on “Mari Berqurban

  1. Ping-balik: mari berqurban « di relung hati

  2. nice post gan, ikut sundul, up up :))
    btw fyi saja rumah zakat menyediakan juga fasilitas buat korban, bisa bayar pakai paypal, transfer atm, serta kemudahan lainnya. selanjutnya daging korban bakal di kemas kalengan, yang bisa bertahan 3 tahun, yang biasanya di salurkan salahsatunya pada saat terjadi bencana alam, dll, harganya juga termasuk lumayan, seekor kambing di hargai 900an rb, untuk sapi rombongn 1,4an jt. gmn gan? tahun ini berkorban ndak?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s