Tahun Baru

Beberapa hari yang lalu kite semua melewati tahun baru. Ada dua tahun baru yang aku lewati, yaitu tahun baru masehi dan tahun baru hijriah. Tahun baru masehi ialah tahun baru yang perhitungannya berdasarkan waktu bumi mengelilini matahari. Sekarang ini dalam kalender masehi kita mulai menapaki tahun 2009. Sedangkan kalender hijriyah dihitung berdasarkan waktu bulan mengelilingi bumi.

Aku ingin menulis tentang penanggalan hijriah. Kalender hijriah ditetapkan pada zaman kholifah Umar bin Khattab, dan dimulai sejak hijrahnya Nabi Muhammad Saw. dari Makkah ke Yatsrib (Sekarang bernama Madinah).  Banyak himbauan untuk instrospeksi ketika pergantian tahun. hal itu memang sungguh baik, apalagi untuk manusia-manusia seperti kita yang jarang memikirkan keselamatan di akhirat.

Tetapi saya disini tak hendak menyarankan itu, karna saya yakin anda semua sudah tahu. Saya chanya ingin menuturkan cerita perihal hijrahnya Nabi Muhammad Saw. Apa yang menjadi latar belakang sehingga beliau harus hijrah? Jawabannya adalah untuk mempertahankan tauhid, mempertahankan aqidah yang lurus.

Batapa berat cobaan yang dihadapi beliau untuk mempertahankan aqidah ini di Makkah. Sebagai contoh keluarga Yasir, bagaimana mereka harus syahid karena mempertahankan aqidah. Contoh lain adalah Bilal yang dijemur di terik matahari, dan masih banyak lagi. Rasulullah sendiri mengalami pemboikotan, tidak ada penduduk Makkah yang mau berdagang dengan beliau, hingga beliau harus makan rumput.

Rasulullah berangkat bersama Abu Bakar. perjalanan hijrah ini merupakan perjalanan yang besar, betapa banyak Pertolongan Allah. Ketika keluar rumah, kondisi rumah beliau saat itu telah dikepung olehbanya pemuda, tetapi Allah membuat mata mereka tidak melihat Rasulullah lewat di depan mereka. Ketika Rasulullah Saw. dan Abu Bakar dikejar dan bersembunyi di Gua Tsur, Allah menolongnya dengan laba-laba.

Setelah beliau hijrah ke Madinah, di tempat ini barulah turun tatacara syariat dan muamalat.Sekarang mari berfikir sejenak, apakah cobaan yang kita terima sudah seberat itu. Akankah kita dapat mempertahankan aqidah, sedangkan tahun baru ini diisi dengan kemusyrikan?

One thought on “Tahun Baru

  1. Q kmen skrg blm trlmbt kan?
    He he he.
    Kamu pntar,q da lupa plajaran itu…
    Tntuny itu sbuah pljrn yg musti dsimpen baik2 d memori.dasar aq,cm smpt dhafal sesaat.mksh tnpa tak sadar kau mmbri pljrn brhrga buatku..
    Mksh ya,

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s