Zakat Itu Penting

Entah apa yang mendorong saya untuk menulis tulisan ini. Apa karena berita-berita di tipi-tipi yang memberitakan hal-hal yang tidak baik tentang pembagian zakat, seakan-akan dengan adanya zakat ini banyak orang yang meninggal dunia, seakan-akan dengan pembagian zakat ini menjadikan sesuatu huru-hara, seakan akan tidak usah ada acara pembagian zakat. Atau aku menulis hal ini karena dorongan yang kuat dari dalam hati untuk sharing kepada para pembaca semua sebenarnya apa itu zakat dan untuk apa.

Tidak tahu apa yang mendorongku, yang jelas aku akan menulis sesuatu. Zakat adalah kewajiban kepada setap umat islam yang mampu untuk berzakat. untuk detil zakat, mungkin panjenengan sudah tahu semua, sudah banyak para ustadz, kiai dan ulama yang menerangkan seluk beluk zakat.

Jika aku menerangkan bagaimana, kapan harus dibayar dan seberapa besar zakat, ya seperti diatas tadi panjenegna semua sudah tahu. Tetapi terkadang dari ilmu yang telah diketahui, terasa berat untuk mengamalkannya. Untuk itu saya menulis disini hanya untuk mengajak, mari kita tunaikan zakat. Zakat ini wajib bagi kita yang insyaallah mampu ini.

Mari kita tunaikan zakat. Karena harta kita ini tidak sepenuhnya milik kita. Ada sebagian kecil yang ternyata adlah hak orang lain. Saya juga ingin menegaskan. Ketika kita membayar zakat, status kita tidaklah memberi. Tidak seperti sedekah. zakat ini wajib, bukan pemberian kita kepada penerima zakat.

Semoga kita semua dapat mengamalkannya. amiin.

4 thoughts on “Zakat Itu Penting

  1. ho oh, setuju! penting, tapi ga perlu di pamer2in gitu… apalagi zakat mal yang menunjukkan seberapa besar kekayaannya. kalo gara2 zakat jadi kisruh, gara BLT rakyat juga demikian.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s