Rumah, bukan sekedar tempat untuk tidur

Rumah merupakan sebuah bangunan, yang tidak berbeda dari bangunan-bangunan lain. Pada umumnya, rumah tersusun dari pondasi, tiang, dinding, pintu, ventilasi dan atap. Adapun bahan yang digunakan untuk membuatnya bisa beragam. ada yang pondasi nya terbuat dari beton, kayu ada pula yang dari bambu. Tiang bisa dari susunan semen, bisa kayu, atau bambu. Pintu bisa dibuat dari kayu atau besi. Dinding bisa terbuat dari anyaman bambu, batu bata, batako, atau gibsum. Sedangkan atap bisa terbuat dari tanah merah, semen, asbes, seng dan lain-lain.

Setiap rumah memiliki arti tersendiri bagi pemiliknya. Dan hal ini bersifat prifat. seseorag tidak boleh masuk rumah orang lain tanpa seijin yang puna rumah. Suasana di dalam rumah juga bisa beragam, dipengaruhi oleh si empunya rumah itu sendiri.

Rumah adalah tempat seorang melepas lelah dan mengumpulan tenaga untuk beraktifitas lainnya. Rumah tempat berteduh etika panas maupu hujan. Rumah tempat berkumpulnya keluarga.

Rumah adalah tempat kembali ketika senja tiba. yang dimaksud senja disini bisa senja dalam arti yang sebenarnya, atausenja dalam arti umur yang telah udzur. Ketika semasa muda, orang beraktifitas dengan dinamis, mungkin hingga ke luar negri, dia akan pulang ketika sudah tua dan hanya beraktifitas dalam lingkup yang terbatas.

Dan rumah adalah tempat untuk dirndukan.

4 thoughts on “Rumah, bukan sekedar tempat untuk tidur

  1. kata ustadz, kalo ga buat ibadah, diumpamakan rasulullah SAW seperti kuburan. tapi kalo suka tidur waktu di rumah kayaknya nggak papa ya?

    Suka

  2. setubuh!!!
    eh sorry salah,,,maklum cepet2 ki…

    maksudku SETUJU…

    soal sumber,,aku lali je..
    soale wis lumayan suwi…
    coba ae di tanya sama mbah GOOGLE

    matur nuwun

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s