Beginikah Keadilan?

saya membaca sebuah buku yang cuup menarik hati saya. Bukan novel yang sekarang lagi meleda-ledak dibaa teman-teman saya. Melainkan buku kecil, simpel yang telah membuka hati dan pikiran saya.

Betapa tidak, dari buku yang saya baca ini saya menjadi paham akan keadilan-keadilan yang ada pada sifat Rasulullah. Ada cerita nyata pada zaman Ali karomallohu wajha menjadi khalifah. Cerita ini berhubungan dengan matematika.

Pada waktu itu ada tiga orang yang bersama sama. Orang pertama membawa 5 (lima) buah roti. Orang kedua membawa 3 (tiga) buah roti. dan orang ketiga tidak membawa roti. Ketiga orang ini memakan roti sama banyaknya.

Setelah selesai makan roti. orang ketiga pergi dengan memberi 8 (delapan) dinar. Orang pertama membagi dengan pembagian orang pertama mendapat 5 keping dan orang kedua mendapat 3 keping. Tetapi orang kedua tidak terima. dia ingin pembagiannya adalah sama sama 4 keping.

Sampailah berita itu kepada khalifah Ali. Ali diam agak lama. kemudian berkata, pembagian yang adil adalah orang pertama mendapat 7 keping dan orang kedua 1 keping. Lho…kok malah demikian. Hitungannya begini kedelapan roti dari orang pertama dan orang kedua, masing mesing dibagi tiga. jadi ada 24 (duapuluh empat
) potongan roti. Ketiganya makan sama banyak jadi masing masing makan 8 (delapan) potong.

Dari orang pertama, dia makan 8 potong jadi ada 7 (15 – 8 ) potong roti yang dia berikan kepada orang ketiga. Sedangkan orang kedua mekan 8 potong jadi ada 1 (9 – 8 ) potong roti yang ia berikan kepada orang ketiga. Karena itulah orang pertama mendapat 7 keping dan orang kedua mendapat 1 keping uang dinar.

2 thoughts on “Beginikah Keadilan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s