Sampah di sungai

Pagi tadi, aku jalan-jalan di kota dimana aku dilahirkan. Aku keluar dari rumah naik mobil punya babe. Menelusuri jalanan kota yang penuh sesak dengan berbagai jenis kendaraan dari yang rodanya dua, tiga sampai sepuluh-pun ada. Sesaat aku berfikir tentang sesaknya jalan di kota ini, lalu kubandingkan dengan kota dimana aku tinggal sementara sekarang. Agak berbeda sih…

Tiba-tiba pikiranku teralihkan pada sampah yang kulihat berjajar tidak rapi di sepanjang sungai. Ya Allah… tenyata begitu kotor sungai dikotaku. kemudian aku mencoba memikirkanapa penyebabnya. Setelah mengorek isi kepalaku, terpikirkan olehku bahwa penyebabbanyaknya sampah disungai, bukan terjadi karena hal yang besar, hal ini terjadi sangat sepele. kejadiannya adalah ketikasatu orang membuang satu saja sampah kesungai, maka sungai akan bersampah. Dan ketika ada separuh warga kota membuang satu sampah kesungai sampah disungai menjadi banyak. Danternyata setiap orang yang membuang sampah, tidak hanya membuang satu sampah, melainkan banyak sampah. Hal ini menjadikan sampah di sungai bertambah banyak. Dan ternyata lagi, orang membuang sampah tidak sekali seumur hidup, melainkan setiap hari, coba bayangkan sendiri.

Untuk itulah, sampah yang berjajar disungai itu ada karena kita pribadi membuang satu sambah ke saluran air. Saya hanya ingin mengajak untuk membuang sampah ditempat sampah. Karena sampah yang kita buang ke tempat sampah, akan diambil oleh petugas, dikumpulkan dan akan dijual ke pabrik daur ulang. Jadi lebih bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s