Emas…oh emas

Aku ingin menceritakan kepada anda, beberapa hari yang lalu, saya mengikuti kuliah etike profesi. Pada kuliah itu disinggung banyak mesalah tentang ego dan super ego. Ujung-ujungnya disuruh bikin kelompok oleh dosen Pak Tri Kuntoro. Setelah ramai ber lalu lalang mencari pasangan yang tepat dan cocok, akhirnya tugas diberikan. Tugasnya ada di layar besar yang tulisannya berasal dari OHP yang dihubungkan ke laptop milik pak dosen.

Di layartu ada tulisan panjaang banget yang menceritakan perihal sisi gelap dari emas. Disamping emas memiliki sisi baik sebagai simbol-simbol keabadian, ternyata harus dibayar dengan harga yang sangat mahal dan tidak sebanding dengan harga emas yang sekarang sedang beredar di pasaran.

Mahalnya harga emas ini seberapa? seharga kerusakan yang ditimbulkannya dari sejak diambil dari bumi melalui pertambangan hingga menjadi perhiasan. Pokoknya pada artikel itu ditulias banyak sekali keburukan keburukan dari perhiasan ini.

Ada masalah perusakan lingkungan, kesenjangan sosial, kekejaman pemerintah karena mengusir penduduk lokal karena pembebasan tanah untuk pertambangan, matinya ikan-ikan karena limbah sianida, matinya kerbau kerana limbah itu juga, dan lain-lain. eh… belum ding, juga ada tulisan tentang keluarga yang tanahnya yang semula 16 hektar dirampas menjadi tinggal kurng dari 1 hektar saja.

Atikel itu aku nggak tahu sumbernya, tetapi yang jelas, ada website yang interest dengan lingkungan yang tidak setuju dengan pertambangan yang telah aku baca, jalan pikirannya sejalan dengan penulis artikel itu website itu adalah : http://www.walhi.or.id/

Nb: Ada pilem yang temanya hampir sama yaitu penambangan, tapi kali ini tambangnya adalah berlian. Kalo mau nonton, pilemnya berjudul Blood Diamond

2 thoughts on “Emas…oh emas

  1. Emas?
    Ciri khasnya: yg pintar menjajah dan mengeruk keuntungan sebesar-besarnya. Masyarakat sekitar tetap tidak berubah, menderita, dan mengemis sisa emas yg mungkin ada.
    Suatu lelucon sosial yg terus berulang sepanjang sejarah

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s