Modus Kejahatan

Dahulu orang mau melakukan kejahatan, dilakukan dengan sembunyi-sembunyi. Mencuri dilakukan sembunyi-sembunyi atau dimalam hari ketika kebanyakan orang sedang terbuai mimpi mereka masing-masing. Namun sekarang, di-era modern, dan era informasi kejahatan tidak lagi dilakukan dengan sembunyi-sembunyi. Ada trik yang sekarang nge-tren dikalangan pencuri. Baru beberapa hari ini saya dikasih tahu teman saya, bahwa duitnya hilang. Lha lantas kenapa bisa hilang? Begini ceritanya…

Suatu hari ada orang yang ngakunya penghuni kost baru, yang begini ini lumrah dikalangan anak kost, ya kenalan sama penghuni yang sudah lama tinggal, ngobrol ngalor-ngidul dan sebagainya dan sebagainya. Trus sebagai penghuni yang ramah, tentunya anak lama mau saja diajak ngobrol disamping untuk ramah tamah karena orang asing ini penghuni baru, juga tambah kenalan. Katanya penghuni baruitu belim memindahkan barang kamarnya masih kosong. Biasanyacalon penjahatini memang berani modal dengan memberi DP kepada empunya kost supaya meyakinkan penghuni kost lama bahwa dia emang anak baru.

Ketika penghuni kost yang asli lengah maka si calon penjahat ini benar benar jadi penjahat, dia mulai bergerak mengambil duit, hp atau apasaja yang bisa di-gasak setelah kesampaian niatnya (untuk mencuri), dia pergi dan tak bisa dilacak kemana perginya. Lha pertanyaannya bagaimana para penghuni kost bisa lengah? Yang dialami teman saya itu adalah dengan pengalih perhatian misalnya dimintai tolong untuk sekedar memasangkan apa di calon kamarnya karena dianggap lebih berpengalaman.

Mudah-mudahan  cerita singkat ini bermanfaat untuk kita, dan kita dapatlebih waspada lagi terhadap segala bentuk modus kejahatan yang terjadi di dunia. Sekarang modus-modus kejahatan telah berkembang dan modern. Seperti salah satu ungkapan yang pernah saya terima yaitu,”Penjahat itu pasti lebih canggih dari polisi“.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s